SELAMAT DATANG DI BLOG KARYA TUNAS PANDU SILIWANGI !!! SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA !!!!

Kamis, 19 Januari 2012

Wawasan dan Pengembangan Kepramukaan

        Wawasan adalah pola pikir.

Dalam kisah Mahabarata, keluarga Pandu Dewanata adalah orang pertama yang memulai kebaikan. Lalu lahirlah Pandawa.

    *Yudistira. Adalah orang yang berdarah putih. Memiliki sifat pada Dasa Dharma yang pertama Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kedua Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia. Pusakanya adalah Jimat Kalimasada.

Ø  *Werkudara atau Brotosena. Adalah orang yang bisa mengekang hawa nafsu. Memiliki sifat pada Dasa Dharma ketiga Patriot yang sopan dan ksatria dan keempat Patuh dan suka bermusyawarah.

Ø  *Arjuna. Adalah orang yang tampan, suka menolong, dan terampil. Memiliki sifat pada Dasa Dharma kelima Rela menolong dan tabah dan keenam Rajin,terampil,dan gembira.
Ø    
    *Nakula dan Sadewa. Adalah orang yang tidak pernah berpikir buruk kepada orang lain. Memiliki sifat pada Dasa Dharma ketujuh sampai kesepuluh. Yakni tujuh Hemat, cermat dan bersahaja, delapan Disiplin, berani dan setia, sembilan Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, sepuluh suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Pada Munas ( Musyawarah Nasional ) tanggal 14 Agustus 1946 di Solo, muncullah nama Pramuka. Yang berasal dari kata Praja yang berarti rumah, Muda adalah anak muda dan Karana yang berarti tujuan.

Penggunaan setangan leher yang dikalungkan di leher  karena merah putih itu suci. Mengenai pakaian atas pramuka yang berwarna coklat muda melambangkan baju prajurit Indonesia  yang terlalu sering dicuci sehingga luntur warnanya. Sedangkan pakaian bawah yang berwarna coklat tua melambangkan baju prajurit yang kotor oleh debu dan tanah dan jarang dicuci.

Penerapan Pramuka di Indonesia :
  • Tingkatan Pramuka Siaga : Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata.
Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

  • Tingkatan Pramuka Penggalang : Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap
Penggalang adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 11-15 tahun. Memiliki arti digalangkan. Ramu : diramu, Rakit : dirakit menjadi satu, Terap : diterapkan di Sumpah Pemuda.
  • Tingkatan Pramuka Penegak : Penegak Bantara, Penegak Laksana
Penegak adalah sebutan bagi anggota Pramuka yangusianya 16-20 tahun. Memiliki arti ditegakkan. Bantara : Bantu tata negara, Laksana : melaksanakan.
·          
           *  Tingkatan Pramuka Pandega
Pandega adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang usianya 21-25 tahun. Memiliki arti memulai melaksanakan pembangunan.

0 komentar:

Ekspresimu di Komentar Blog

genit
:)
kacamata
B)
kedip
;)
sedih
:(
nangis
:((
senang
:))
tak acuh
:|
skeptik
:~

iblis
:@
bingung
:?
marah
x(
kagum
;;)
melet
:p
cium
:x
ngakak
:D
SE
:o

Posting Komentar

 
Design by Scouting | Bloggerized by Olimpus | The New Generation